Syarat-syarat dan Komponen Pada Peta

Syarat Peta 
1. Conform
Conform ialah sebuah bentuk peta yang di gambar harus sebangun dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

2. Equidistance
Equidistance ialah suatu jarak di peta yang dikalikan dengan skalanya dan harus sama dengan jarak yang sebenarnya di lapangan.

3. Equivalent
Equivalent ialah suatu daerah atau bidang yang digambar di peta setelah itu diperhitungkan dengan skalanya harus sama dengan keadaan yang sebenarnya.

Komponen Peta
1. Judul peta
Judul peta ini untuk memberikan sebuah informasi yang digambarkan serta tempat pengambilan data tersebut.

2. Skala peta
Skala peta ialah sebuah angka yang menunjukkan perbandingan jarak antara peta dan jarak yang sesungguhnya, skala peta terbagi lagi menjadi dua , yakni:
·                  Skala angka ialah sebuah skala yang menggunakan perbandingan angka.
·                  Skala garis ialah sebuah skala yang menggunakan gambar garis untuk menunjukkan suatu perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya di bumi.
3. Garis astronomi
Garis astronomi ialah suatu bidang garis yang terdiri dari suatu garis lintang dan bujur yang mewakili ukuran derajat, menit, dan detik. Garis astronomi ini mencerminkan letak absolut suatu tempat.

4. Arah / tanda orientasi
Arah atau Tanda orientasi ini dicantumkan untuk mengetahui suatu orientasi peta, yang sehingga pembaca bisa mengetahui arah tempat yang dipetakan.

5. Legenda / keterangan
Legenda ialah sebuah keterangan dari tanda yang terdapat pada peta agar sih pembaca lebih mudah untuk memahami isi peta.

6. Simbol peta
Simbol peta ialah sebuah tanda yang digunakan untuk mewakili suatu kenampakan yang sebenarnya pada peta, yang meliputi kenampakan alami suatu sungai, gunung, danau dan lain-lain dan pada kenampakan buatan yang seperti jembatan, gedung sekolah, dan lain-lain.
Simbol peta terbagi lagi menjadi tiga, yaitu:
·                  Simbol titik ialah sebuah simbol yang digunakan untuk menggambarkan penyebaran berbagai suatu fenomena di permukaan bumi.
·                  Simbol garis ialah sebuah simbol yang digunakan untuk mewakili suatu data geografis yang berhubungan dengan jarak.
·                  Simbol luasan / bidang / area ialah simbol yang digunakan untuk mewakili sebuah area dengan simbol yang mencakup suatu kawasan luasan tertentu.
7. Inset
Inset ialah suatu penjelasan daerah pada peta yang berupa peta kecil yang terdapat pada suatu peta utama.

8. Warna 
Terdapat sebuah warna pada peta ialah bertujuan untuk menunjukkan perbedaan sebuah keadaan pada wilayah, untuk menunjukkan kualitas (perbedaan obyek) dan kuantitas (jumlah nilai tertentu) serta untuk memberi nilai keindahan peta.

9. Sumber data dan tahun pembuatan
Dengan adanya sumber data tahun pembuatan nya bertujuan agar mengetahui dasar pembuatan dari sebuah peta.

10. Lettering
Lettering ialah sebuah tulisan atau angka untuk mempertegas makna pada simbol-simbol yang ada pada peta.

11. Garis tepi
Garis tepi ialah suatu batas tepi peta dan yang berfungsi untuk meletakkan sebuah garis-garis astronomis beserta derajat-derajat (garis lintang dan bujur).




Fungsi Peta
·                  Untuk memberikan sebuah gambaran fisiografis secara umum pada permukaan bumi dan suatu daerah / wilayah (bentuk, relief, iklim, jenis tanah. jenis vegetasi).
·                  Untuk menunjukkan dan menggambarkan sebuah lokasi atau letak suatu kawasan atau wilayah atau obyek pada geografis lainnya.
·                  Untuk memperlihatkan suatu ukuran (luas, bentuk, arah, dan jarak) sebuah obyek geografi peta.
·                  Untuk mengetahui suatu keadaan sosial, budaya, ekonomi sebuah daerah (jumlah penduduk, persebaran penduduk).
·                  Bisa menjadi untuk alat bantu pendidikan untuk mempelajari suatu permukaan bumi dan segala fenomena geografi.

·                  Bisa menjadi alat bantu untuk analisis suatu penelitian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Udara dan Citra Satelit

Metode Polygon