Pemetaan Dalam Perencanaan Wilayah

Pemetaan Dalam Perencanaan Wilayah adalah perencanaan tata ruang yang bergantung pada peta untuk memberikan informasi tentang perencanaan tata ruang suatu wilayah atau kota yang melibatkan dua hal yaitu: masalah teknis (deliniasi jenis tanah /kondisi, mengukur, dan menandai) dan masalah sosial (yaitu konsultasi dengan orang-orang lokal, kepemilikan rekaman dan klaim akses).

Didalam pemetaan ini di bagi menjadi beberapa bagian antara lain yaitu:
1.                Peta RTRW Nasional
2.                Peta RTRW Provinsi
3.                Peta RTRW Kabupaten atau Kota
4.                Peta RDTR
Peta RTRW Nasional

Peta RTRW Nasional adalah suatu perencanaan tata ruang berskala nasional yang menyangkut seluruh wilayah di Indonesia. Perencanaan yang di lakukan sebelum ke tingkat provinsi ini seperti untuk menentukan suatu batas-batas antar negara tentangga dalam hal pertahanan disuatu negara.

Peta RTRW Provinsi

Peta RTRW Provinsi merupakan perencanaan pola tata ruang yang lebih sempit dibandingkan dengan peta RTRWN. Wilayah provinsi merupakan rencana distribusi peruntukan ruang dalam wilayah provinsi yang meliputi rencana peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan rencana peruntukan ruang untuk fungsi budi daya. 

Peta RTRW Kabupaten / Kota

Peta RTRW Kabupaten / Kota adalah perencanaan tata ruang yang lebih sempit lagi dari Prta RTRW Provinsi yaitu Peta RTRW kabupaten memuat tujuan, kebijakan, dan strategi penataan ruang wilayah kabupaten (penataan kabupaten); rencana struktur ruang wilayah kabupaten; rencana pola ruang wilayah kabupaten; penetapan kawasan strategis kabupaten; arahan pemanfaatan ruang wilayah kabupaten; dan ketentuan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah kabupaten.

Peta RDTR


Peta RDTR yaitu perencanaan tata ruang yang lebih kecil dari Peta RTRW Kabupaten atau Kota. dalam Peta RDTR ini akan menyajikan perencanaan yang lebih detail lagi dari segi pembangunan infrastrukturnya, pemanfaatan tata ruang yang lebih sempit membuat tingkat ke detailan nya lebih teliti dalam pembangunan di suatu daerah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Udara dan Citra Satelit

Syarat-syarat dan Komponen Pada Peta

Metode Polygon